Ingin Sukses Promosi Di Marketplace? Ini Dia Cara Promosi Melalui Marketplace

Tips & Trik350 views

ARTIKELPOST.ORG, Cara promosi melalui marketplace — Sebuah trik memang diperlukan untuk suksesnya aksi. Termasuk juga pada aksi promosi untuk UMKM Anda kali ini. Ya cara promosi melalui marketplace, marketing online memang lebih mudah dan lebih praktis dibandingkan marketing secara offline. Namun itu semua tetap sama saja kalau Anda belum mengetahui cara promosi melalui marketplace apa saja yang bisa dilakukan untuk promosi bisnis Anda lewat marketplace.

Trik Sukses Promosi UMKM Lewat Marketplace

Ketahui beberapa trik sederhana berikut yang bisa Anda andalkan untuk suksesnya berbisnis UMKM melalui marketplace.

1.     Membuat Logo

Kali ini Anda jangan asal-asalan membuat logo. Apalagi bisnis UMKM Anda sifatnya masih baru dan bersifat start up. Sebuah logo tujuannya adalah supaya untuk diingat calon konsumen.

Oleh karena itu usahakan untuk membuat logo yang sederhana saja supaya lebih mudah diingat. Ada saran lain untuk membuat logo yang tepat untuk UMKM Anda. Sebisa mungkin taruh ikon produk Anda di logo tersebut. Misalnya saja Anda menjual aneka sepatu, maka akan lebih baik jika di logo nanti ada logo sepatu.

Hal ini juga membuat orang langsung mengerti produk apa yang Anda jual sesaat setelah melihat logonya.

2.     Memilih Nama Brand

Sebenarnya tak ada aturan pasti untuk memilih nama brand. Semua terserah pada Anda ingin menamai produk Anda dengan nama brand apa.

Hanya saja mirip dengan cara membuat logo tadi. Jika produk Anda memiliki nama brand yang mudah dieja dan mudah diingat maka orang akan lebih tertarik dan nama brand Anda akan teringat oleh mereka.

3.     Menjadikan Logo Untuk Foto Profil

Setelah nama brand dan logo jadi dibuat, saatnya Anda meluncur ke marketplace. Di marketplace nanti Anda akan diberikan ruang untuk menghias toko virtual Anda.

Disarankan untuk menggunakan logo bisnis UMKM Anda di marketplace jualan Anda nanti supaya lebih mudah ditemukan.

4.     Memberikan Informasi Produk Selengkap Mungkin

Dalam hal ini kita harus sesekali mencoba berdiri di sisi konsumen. Konsumen tentunya akan memilih toko di marketplace yang jelas. Kata jelas yang dimaksud disini adalah informasi atau keterangan produk yang lengkap dan bersifat jelas.

Apa yang harus dilakukan pada hal ini? Tentu saja dengan memberikan info selengkap mungkin terkait produk yang dijual UMKM Anda. Jika Anda menjual sepatu maka alangkah lebih baik untuk memberi keterangan ukuran, chart size, warna, packing, serta material pembuatannya. Konsumen yang mendapatkan informasi yang jelas akan merasa untung dan terhindar dari barang yang tak mereka inginkan.

5.     Foto Produk

Tugas Anda lainnya selain membuat informasi selengkap mungkin adalah dengan memberikan foto produk yang benar-benar jelas. Jangan terlalu banyak editing yang mana bisa mengubah warna asli dari produk yang Anda jual, karena hal ini bisa membuat pembeli kecewa dan hanya akan menurunkan reputasi toko Anda saja.

Sebaliknya, fotolah produk Anda dengan kamera dan lakukan editing seperlunya saja. Akan lebih baik jika Anda memfoto produk Anda dengan bantuan lighting, entah itu sinar matahari atau lighting studio, keduanya sama-sama bermanfaat jika Anda kreatif.

6.     Menyediakan Varian Jasa Ekspedisi

Jika sebelumnya Anda mengira marketplace lah yang menentukan ekpedisi maka Anda keliru. Sebenarnya, pedagang lah yang menentukan jasa ekspedisi apa yang dilayani untuk Anda.

Salah satu trik promosi UMKM di marketplace kali ini erat kaitannya dengan poin ini. Disarankan untuk menyediakan beberapa pilihan ekspedisi sekaligus demi membuat pembeli nyaman, Anda bisa menambahkan jasa ekspedisi Pos Indonesia,  JNE, Go Send, dan lainnya sekaligus.

7.     Harga Bisa Bersaing

Ingatlah selalu bahwa di marketplace tak hanya Anda sendirian yang berjualan. Ada banyak penjual selain Anda di sebuah marketplace yang mana tetap ada kemungkinan akan ada kompetitor.

Tentunya kita tidak bisa memaksa kompetitor untuk tidak lagi berjualan di marketplace itu. Cara bersaing yang sehat adalah dengan mampu memberikan siangan pada produk Anda dibanding produk di toko lain.

8.     Respon Cepat

Mungkin Anda sendiri akan sedikit geram atau kesal jika Anda menemui penjual yang responnya lambat, dan inilah yang paling tidak disukai konsumen.

Promosi di Marketplace Paling Mudah

Memang tidak sulit untuk bisa berpromosi di marketplace dan bisa sukses. Anda hanya perlu melakukan delapan tips di atas saja supaya aksi berjualan secara online di marketplace lebih maksimal dan akhirnya akan memberikan Anda laba yang besar.

Jangan lupa untuk sisakan waktu luang Anda supaya Anda sempat membalas chat mereka dan menjawab pertanyaan terkait produk yang Anda jual.

Selain trik di atas, sebagai pebisnis yang taat Anda perlu sikap yang konsisten kedepannya. Anda sudah turun ke dunia bisnis UMKM, maka kedepannya jangan sampai Anda menemui bosan yang mana akan membuat Anda bermalas-malasan dalam mengurusnya. Niat dan konsistensi yang tinggi akan membawa Anda ke performa bisnis yang baik dan mendatangkan Anda laba yang melimpah.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *