Tips 100% Lolos Prakerja Terbaru 2022

Tips & Trik234 views

Tips kartu prakerja – Prakerja merupakan salah satu program dari Pemerintah Republik Indonesia dalam hal pengembangan kompetensi kerja serta kewirausahaan yang berupa bantuan biaya untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK ataupun para pekerja yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi, salah satunya pelaku usaha mikro dan kecil.

Saat ini sudah banyak yang daftar kartu prakerja serta mengikuti pelatihannya, namun banyak diantara banyaknya pendaftar kartu prakerja masih ada juga yang tidak lolos dalam seleksi penerimaan, maka dari itu sebuah tips agar lolos kartu prakerja mungkin bisa anda baca dan terapkan jika ingin lolos seleksi kartu prakerja.

Mengenal Kartu Prakerja

Sebelum membahas tentang tips lolos prakerja, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu program bantuan prakerja? Seperti yang dijelaskan diawal bahwa prakerja bertujuan dalam pemberian biaya kepada para pencari kerja, pekerja yang kena PHK ataupun para pelaku usaha untuk dapat mengembangkan dan menggali potensi melalui pelatihan – pelatihan yang diberikan prakerja. Kamu dapat mengakses dan mendaftarkan diri di situs prakerja.go.id

Tentu saja pelatihan yang ada pada prakerja dibeli melalui beberapa platform seperti tokopedia, bukalapak, pijar, pintaria dan beberapa platform lain. Bantuan prakerja disini adalah memberikan biaya kepada para peserta prakerja yang lolos seleksi untuk kemudian membeli sebuah pelatihan yang ada.

Setelah itu, peserta lolos seleksi prakerja mengikuti pelatihan hingga tuntas, dan nantinya akan diberikan insentif bulanan yang bisa dicairkan melalui rekening ataupun e-wallet.

Karena program ini dinilai bagus, maka tak heran jika banyak pendaftar yang mencoba mendaftarkan diri di prakerja namun karena kuota yang dibatasi, sehingga banyak juga yang tidak lolos seleksi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk anda yang tidak lolos bisa kembali mengajukan pendaftaran di gelombang berikutnya kemudian mencoba cara lolos prakerja setelah gagal.

Cara agar lolos prakerja terbaru

Ada beberapa poin penting yang harus anda ketahui jika ingin lolos seleksi kartu prakerja. Tips lolos prakerja yang perlu diperhatikan diantaranya :

  • Pastikan jika ingin lolos seleksi prakerja, umur kamu sudah 18 tahun lebih dan tidak sedang menempuh pendidikan baik itu sekolah atau kuliah karena system prakerja terkoneksi dengan database Dapodik.
  • Kamu tidak termasuk penerima bantuan sosial selama pandemic Covid-19
  • Bukan dari pejabat Negara, Pimpinan atau Anggota DPRD, ASN, TNI / Polri, Kepala Desa, maupun Direksi pada suatu BUMN / BUMD.
  • Harus di perhatikan bahwa maksimal hanya 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga yang boleh menjadi Penerima Kartu Prakerja

Tips kartu prakerja 2022

Tips lolos seleksi kartu prakerja terbaru ini lebih kepada persyaratan administrasi dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tes. Namun perlu di ingat jika ingin sedang daftar prakerja bahwa, setiap daerah memiliki kuota yang berbeda – beda.

Misal untuk penerimaan prakerja gelombang terbaru membuka 10 ribu kuota, itu merupakan jumlah keseluruhan dalam skala nasional. Dalam penerapannya, akan di berikan kuota berbeda untuk tiap wilayah.

Sebagai contoh untuk wilayah Sulawesi Selatan di berikan kuota sebanyak 2 ribu, maka dari sini kita dapat berasumsi bahwa daftar kartu prakerja yang ada di wilayah Sulawesi tersebut akan diperebutkan semisal terdapat 5 ribu pendaftar, maka akan di seleksi berdasarkan berkas, tes dan juga usia.

Cara lolos prakerja setelah gagal bisa kamu lakukan pendaftaran kembali, sebaiknya ikuti terus perkembangan terbaru dari prakerja terkait gelombang yang dibuka, jika gelombang baru prakerja dibuka, maka sebaiknya daftarkan segera mungkin.

Demikianlah tips agar lolos prakerja ini, semoga dapat membantu kamu dalam memahami lebih dalam terkait program dan penerimaan peserta prakerja.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *