oleh

5 Cara Mudah Mengatasi Laptop Kena Air

ARTIKELPOST.ORG – Sekarang zamannya memakai laptop sehingga Anda bisa menemui benda elektronik tersebut di mana-mana. Selain punya laptop maka Anda pun harus mengetahui cara untuk mengatasi laptop yang terkena air. Sebab, hal ini sering terjadi, jadi tidak hanya mencari Solusi Handphone yang terkena air, Anda juga harus mengetahui solusi atau langkah tepat mengatasi masalah laptop yang terkena air. Ilmu ini sebaiknya harus Anda miliki untuk meyelamatkan laptop bila kebetulan terkena air sehingga bisa segera diselamatkan.

5 Cara Mudah Mengatasi Laptop Kena Air

Benda elektronik memang rentan terkena air karena akan merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya. Bila laptop terkena air maka akan menimbulkan korsleting yang menyebabkan kerusakan parah. Berikut ini ada beberapa cara mudah mengatasi laptop kena air yang bisa Anda ikuti.

Matikan Laptop

Anda mungkin sudah memperlakukan laptop sebaik mungkin dengan menyimpan dan merawatnya di tempat aman. Meskipun begitu, bisa saja ada hal yang tidak Anda inginkan terjadi pada laptop di luar dugaan, seperti tanpa sengaja terkena air. Benda cair tersebut dapat merusak komponen-komponen laptop.

Caranya yaitu matikan laptop agar air tidak berinteraksi pada komponen-komponen didalamnya sehingga menimbulkan korsleting. Setelah itu, cabut baterai laptop. Dengan begitu, arus listrik yang berinterksi dengan air tidak akan merusak komponen-komponen lain pada laptop.

Keringkan Lptop

Saat Anda melihat ada tumpahan air pada laptop maka segera balikkan laptop untuk mengeluarkan air yang masuk kedalamnya. Air pun akan keluar merembes dari dalam melalui celah-celah yang ada di laptop.

Seandainya Anda melihat bagian baterai dan tempat baterai laptop ikut terkena air juga maka segera keringkan memakai lap lembut. Namun perlu Anda ingat bagian kutub positif dan negatif dari baterai sangat sensitif.

Jadi Anda harus mengeringkannya secara hati-hati agar tidak merusaknya. Tips paling penting adalah biarkan laptop selama 10 jam untuk proses pengeringan yang baik.

Jemur Baterai

Anda pasti akan menunggu permukaan laptop agar mengering, tetapi hal itu membutuhkan waktu lama. Sambil menunggu maka Anda bisa menjemur baterai laptop yang basah agar segera kering.

Namun Anda harus ingat ketika mejemur baterai laptop jangan terkena sinar matahari secara langsung. Tutup baterai lithium menggunakan kain kering saat menjemurnya. Tujuannya untuk melindungi struktur kimiawinya agar tidak rusak.

Bongkar Bagian Penting Laptop

Seandainya Anda mendapati laptop terendam air sehingga menyebabkan basah yang parah maka harus membongkar bagian penting laptop. Bagian-bagian terpenting dari laptop tersebut yakni keybord, motherbord, dan mainboard.

Jangan lupa untuk melepas komponen-komponen penting yang lain seperti RAM, processor, WiFi, Harddisk, dan Optical Drive. Keringkan komponen-komponen tersebut agar tidak terjadi korosi. Anda juga harus melepas LCD pada laptop agar air tidak merusak layar.

Uji Pasang Laptop

Sekarang Anda melakukan semua saran tentang mengeringkan laptop terkena air. Semua komponen laptop pun telah kering. Kini Anda tinggal memasang semua komponen yang sudah dibongkar.

Apabila Anda mencium bau hangus maka segera lepas lagi. Namun bila tidak tercium bau hangus maka laptop sudah dalam keadaan aman. Anda pun sudah dapat menggunakannya lagi.

Anda melakukan pembongkaran ini bila paham tentang komponen-komponen laptop dan tahu cara memasangnya kembali. Apabila tidak paham sebaiknya segera bawa ke tempat service laptop agar segera diperbaiki sehingga tidak menimbulkan banyak kerusakan.

Ketika Anda mendapati laptop tanpa sengaja terkena air maka jangan merasa panik. Ada beberapa cara untuk mengeringkannya seperti langkah-langkah di atas. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan ilmu cara mudah mengatasi laptop kena air agar bisa segera kering dan bisa menngunakannya lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya