Penanganan Yang Tepat Untuk Atasi Handphone yang Terkena Air

Jika handphone Anda terkena air atau terendam air jangan panik dulu, sebaiknya Anda menerapkan langkah tentang cara penanganan yang benar untuk mengatasi masalah handphone / hp yang terkena atau terendam air.

Selain masalah layar handphone tergores, masalah yang sering terjadi juga bagi pemilik smartphone yaitu handphone yang tidak sengaja terendam atau terkena air. HP zaman sekarang memang sudah mempunyai fitur anti air. Namun tidak semuanya memiliki fitur ini. Jika hal ini terjadi maka Anda tidak usah panik karena ada  cara untuk mengatasinya.

Solusi handphone terkena air

Air yang masuk pada HP maka akan berubah menjadi kryptonite ponsel ketika air itu masuk pada jack, port, dan speaker. Air memasuki bagin komponen hndphone. Air sebagai konduktor membawa arus yang membebani HP dengan energi.

Air juga memerlukan waktu lama untuk mencapai komponen yang rentan sehingga tidak terjadi apa pun pada handphone. Namun keesokan harinya HP akan mati secara total. Berikut ini cara mudah mengatasi HP yang kena air.

Segera Selamatkan HP

Bila HP Anda kemasukan air atau terendam air maka segera ambil HP dan lap bagian luarnya. Tujuannya agar tidak basah dan air tidak masuk lagi pada handphone. 

Matikan HP dan Bongkar

Kemudian segera matikan handphone dan jangan menyalakannya dulu. Lalu bongkar ponsel dan keluarkan baterainya.

Tujuannya yaitu untuk menghindari korsleting pada komponen handphone. Jika terjadi korsleting mka HP tidak akan menyala lagi selamanya.

Komponen lain yang harus dikeluarkan yaitu SIM Card, kartu memori, dan casing. Hal ini untuk mempercepat pengeringan HP.

Goyangkan Handphone

Cara berikutnya yaitu goyangkan ponsel Anda dengan lembut. Goyangan ini bisa mengeluarkan air yang menyangkut di jack handphone, port pengisian daya, dan lain-lain. Anda juga bisa memakai penyedot debu dengan jarak aman atau menggunakan peniup.

Jangan Memakai Pengering Rambut

Cara mudah atasi HP yang kena air jangan memakai pengering rambut. Banyak orang memkai pengering rambut untuk mengeringkan berbagai benda. Jangan sampai Anda mengeringkan handphone dengan pengering rambut.

Pasalnya panas dari pengering rambut bisa merusak komponen internl handset dari smartphone secara permanen. Pengering ini juga bisa melelehkan beberapa bagian dari HP.

Gunakan Silica Gel

Anda juga bisa  memkai silica gel yang biasa ada pada sepatu. Isi plastik dengan beberapa bungkus silica gel dan masukan HP ke dalamnya.

Manfaat silica yaitu sebagi pengering yang akan menyedot kelembaban air. Sebab itu, silica cocok untuk mengeringkan HP yang terkena air. Biarkan selama 3 hari agar semua kelembabanya hilang.

Rendam HP di dalam Beras

Cara atasi HP yang kena air dengan merendam dalam beras. Butiran beras juga bisa bermanfaat untuk mengeringkan HP. Beras bisa menimbulkan rasa hangat bila Anda memegangnya dalam jangka lama. Sebab itu, beras berfungsi untuk mengeringkan HP.

Efek dari panas tersebut sangat efektif menyerap cairan dalam HP. Pakai wadah secukupnya untuk menyimpan HP kemudian rendam dengan beras. Biarkan smartphon berada dalam beras sekitar 24-48 jam. Setelah beberapa hari, Anda bisa mengeluarkan HP tersebut dan mencoba menyalakannya lagi. Biasanya handphone tersebut bisa menyala kembali.

Pasang Kembali Komponen HP

Setelah HP dikeluarkan dari beras maka segera masukan kembali komponen-komponen yang dilepaskan. Isi terlebih dahulu daya HP dengan charger.

Bila dalam pengisian daya ada indikator smartphone menyala maka HP tersebut sudah baik kembali. Anda juga sudah siap menggunakannya lagi.

Setelah itu, uji semua komponen pakah bisa berfungsi dengan normal misalnya earphone dan mikrofon untuk menguji speaker. Bila semuanya sudah berfungsi maka handphone sudah bagus kembali.

Handphone ada yang sudah lengkap dengan fitur anti ar dan ada pula yang belum. Buat HP yang belum mempunyi fitur anti air maka ada cara mengatasi HP yang kena air.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *