Start Up Bisnis UMKM Berbasis Digital: Mengapa Tidak?

Bisnis241 views

ARTIKELPOST.ORG – Setidaknya terdapat 62.9 juta unit UMKM yang ada di Indonesia per tahun 2017. Dari sekian banyak UMKM yang berjalan di Indonesia, hanya sebagian kecil yang mampu bertahan dan memiliki peran terhadap perekonomian Negara dengan lebih baik.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia tersebut akhirnya tidak sedikit UMKM yang akhirnya memutuskan untuk go digital. Apalagi saat ini menggunakan platform digital bukan sesuatu yang baru. Banyak inovasi yang dihadirkan oleh para pegiat UMKM yang ada di Indonesia yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Alasan Bisnis UMKM Hijrah ke Digital

Ada beberapa hal yang mendorong agar UMKM yang ada di Indonesia tersebut memilih untuk melakukan go digital dan diantaranya adalah:

Untuk Menjangkau Pangsa Pasar Lebih Luas.

Dengan menggunakan media digital, maka sasaran pasar yang tadinya hanya sekitar tempat tinggal Anda, dapat diperbesar atau diperluas hingga pangsa pasar yang ada di luar pulau atau bahkan luar negeri.

Untuk ‘Bertahan Hidup’.

Dalam melaksanakan suatu bisnis maka mau tidak mau harus menjalankan dengan teknologi atau perkembangan zaman yang sedang ada saat ini. Jika tidak maka Anda akan mengalami kekalahan dari pesaing Anda yang mengikuti trend dan secara perlahan merambah dunia digital.

Meningkatkan Pendapatan

Jika usaha yang Anda miliki tersebut semakin dikenal oleh orang lain terutama oleh pangsa pasar yang menjadi tujuan Anda, maka tingkat pendapatan juga akan semakin tinggi. Hasilnya jika Anda mampu menjaga perkembangan tersebut secara stabil, maka Anda akan dapat mengembangkan UMKM dengan lebih baik.

Ketahui Platform yang Tepat untuk UMKM

Ketika suatu UMKM memutuskan untuk go digital, UMKM tersebut tidak bisa langsung menggunakan platform digital agar tidak mengalami kegagalan. Perlu persiapan seperti di bawah ini agar langkah yang diambil untuk pangsa pasar digital menjadi lebih maksimal.

Tahu Platform yang Dipergunakan

2 platform yang paling banyak dipergunakan hingga saat ini adalah media sosial dan marketplace. Media sosial dipilih karena hampir setiap orang yang mengenal internet saat ini sudah memiliki akun media sosial. Hal tersebut akan memudahkan produk untuk dikenal orang yang menggunakan media sosial tersebut. Apalagi saat ini ada beberapa media sosial yang sudah dilengkapi dengan iklan (fb ads, ig ads) untuk pemaksimalan pasar.

Sedangkan untuk marketplace, banyaknya marketplace saat ini, apalagi yang menggandeng UMKM pada proses operasionalnya, seakan memberikan angina segar untuk UMKM. Adanya kerjasama tersebut, mendorong banyak UMKM untuk menggandeng marketplace sebagai salah satu tempat jual beli yang menguntungkan.

Tools yang Dipergunakan

Ketika Anda memutuskan untuk go digital dengan usaha UMKM yang Anda miliki saat ini, maka Anda harus tahu tools apa saja yang akan dipergunakan. Baik untuk tool utama ataupun untuk pendamping.

Misalnya Anda menggunakan website dan kemudian dibantu dengan adanya whatsapp bisnis. Penggunaan WA bisnis tersebut membantu Anda untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dari konsumen sehingga penjualan juga akan semakin meningkat.

Sedangkan jika Anda menggunakan website, maka Anda bisa juga menggunakan analityc tools pada Google untuk mencari keyword yang tepat yang akan Anda gunakan. Tidak hanya untuk membuat suatu artikel yang akan dipasang di website Anda namun juga untuk iklan. Jika iklan menggunakan keyword yang tepat, maka tingkat reach juga akan meningkat. Akibatnya, konversi bisa semakin tinggi dan pendapatan semakin banyak.

Sistem yang Dipergunakan

Persiapkan sistem yang akan Anda gunakan. Anda bisa menyiapkan tata cara yang menjadi patokan dalam usaha Anda. Dengan cara ini ketika Anda mendapati permintaan akan produk Anda yang berupa barang, Anda tidak perlu merasa bingung lagi harus seperti apa untuk merespons dan menjualnya.

Kendala dan Solusi UMKM Go Digital

Walaupun saat ini sudah banyak perusahaan UMKM yang berpindah ke digital untuk pemasarannya, sayangnya tidak semua pemilik UMKM tersebut ‘melek’ teknologi seperti anak muda. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri untuk para UMKM dan jika tidak bisa bertahan maka akan kalah dalam persaingan pasar. Apalagi saat ini anak muda sudah banyak yang menyasar untuk mendirikan usaha tersendiri dibandingkan harus bekerja di perusahaan.

Selain masalah susah tidaknya dalam beroperasi di dunia digital, juga disebabkan tidak semua jaringan internet menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Akibatnya, hanya di daerah yang memiliki internet yang lancar saja yang dapat memperoleh pendapatan yang maksimal dan yang tidak ada akses internet, akan kalah bersaing.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah baik pemerintah daerah ataupun pusat dan swasta bekerja sama untuk membentuk atau mengadakan suatu pembinaan untuk UMKM. Minimal cara untuk menjual produknya di Marketplace yang sangat penting agar hasil penjualan lebih maksimal, apalagi di era digital seperti saat ini.

Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis UMKM Anda dengan media digital agar semakin berkembang. Semoga informasi tersebut bermanfaat.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *