5 Tips Bagi Fresh Graduate Agar Sukses Dalam Bisnis UMKM

Tips & Trik290 views

ARTIKELPOST.ORG – Memiliki usaha sendiri bisa menjadi pilihan bagi sebagian orang terutama untuk Anda yang masih fresh graduate. Pilihan untuk menjadi pengusaha ini cocok untuk Anda yang tidak ingin terkekang atau ingin mencoba tantangan yang baru. Jika Anda hendak membangun suatu UMKM, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini agar Anda sukses dalam mengembangkannya.

Tips Sukses Bangun UMKM

Untuk membangun suatu UMKM agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik, maka Anda harus menyiapkan atau merancang hal ini:

1.     Memilih Bidang yang Sesuai Minat

Tidak bisa dipungkiri saat masih muda, rasa bosan sering menyerang. Jika hal tersebut berlanjut saat Anda membangun suatu bisnis, maka Anda akan mengalami rasa bosan dan kemudian enggan melanjutkan bisnis tersebut apalagi jika Anda menemukan sesuatu yang lebih menarik dan menantang.

Karena hal tersebut, maka sebaiknya Anda memilih bisnis yang sesuai dengan apa yang Anda minati. Selain agar bisnis tersebut tahan lama, namun juga agar Anda semangat untuk mencari sesuatu hal yang baru dan mengembangkan bisnis UMKM tersebut.

2.     Menyusun Rancangan Bisnis

Rancangan bisnis ini tidak hanya akan membantu Anda untuk fokus mencapai tujuan Anda baik jangka pendek ataupun jangka panjang namun juga akan membantu Anda untuk mencari investor dan juga menentukan strategi usaha yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi.

Dalam rancangan bisnis tersebut, tidak hanya harus ada diskripsi mengenai usaha yang Anda lakukan namun juga tentang rancangan kedepannya. Hal tersebut termasuk produk, analisis baik usaha yang Anda lakukan dan juga pesaing namun juga rancangan keuangan atau anggaran. Anggaran tersebut akan membantu Anda mencari modal untuk pengembangan usaha ke depannya.

3.     SOP

Saat Anda hendak membangun suatu bisnis, Anda harus memiliki SOP atau peraturan yang harus dipatuhi oleh orang yang terlibat dalam usaha tersebut. SOP ini akan sangat berperan jika Anda mengalami konflik tidak hanya internal namun juga eksternal. Karena hal tersebut, SOP perlu disiapkan di awal dan dengan persetujuan semua yang terlibat dalam UMKM tersebut.

4.     Membangun Relasi

Tidak dapat dipungkiri jika Anda memiliki relasi yang besar, maka usaha yang Anda miliki akan semakin dikenal oleh orang. Akibatnya, orang yang sudah tahu produk anda tersebut akan membeli produk Anda. Jika hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pada produk tersebut akan disebar luaskan.

Selain itu, adanya relasi akan membantu Anda terutama saat waktu tertentu. Misalnya saat Anda membutuhkan tempat yang memproduksi tas dalam jumlah yang banyak untuk diajak kerjasama, hingga untuk mencari pinjaman atau tambahan modal, Anda akan lebih mudah dan cepat untuk memperolehnya.

5.     Melakukan Pemasaran

Saat Anda sudah mulai membantu UMKM untuk produk yang sesuai dengan yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjual produk tersebut. Ada 2 pilihan untuk melakukan pemasaran yaitu online dan offline. Dengan cara offline, calon konsumen akan dapat menilai sendiri produknya sehingga dapat lebih cepat memutuskan akan membeli produk tersebut atau tidak.

Kekurangan dari cara offline adalah pangsa pasar yang terbatas. Hanya orang yang ada di sekitar tempat Anda yang akan tahu produk tersebut. Sedangkan jika Anda menggunakan cara pemasaran online, Anda bisa memperluas pangsa pasar sehingga kemungkinan pendapatan juga akan semakin besar. Beberapa cara untuk berjualan secara online adalah dengan menggunakan sosial media dan juga marketplace.

Kenapa Marketplace Penting untuk Jualan UMKM?

Pada dasarnya orang yang menggeluti bidang UMKM memiliki budget yang terbatas. Jika dipikirkan, daripada budget yang dimiliki tersebut digunakan untuk membangun toko online maka lebih baik dipergunakan untuk operasional atau untuk modal pembuatan produk. Akan tetapi, dalam pemasaran, Anda tetap harus menjual ke luar dengan cara online. Jika hanya menggunakan media sosial sebagai media penjualan, hasil penjualan akan kurang maksimal.

Karena tersebut, adanya marketplace yang saat ini semakin banyak ini akan memberikan keuntungan besar untuk Anda. Beberapa keuntungan marketplace untuk UMKM Anda yaitu:

  • Menghemat biaya operasional. Hal tersebut disebabkan dengan menggunakan marketplace, Anda tidak perlu mencari ruko atau tempat untuk menjual produk yang Anda miliki. Jika dihitung, dalam 1 tahun, Anda mungkin menyewa ruko seharga Rp 5 juta, sedangkan untuk mendaftar di marketplace, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Sehingga 5 juta tersebut bisa dipergunakan untuk keperluan yang lainnya.
  • Jangkauan pangsa pasar yang lebih besar namun juga memiliki saingan yang banyak.
  • Memudahkan Anda untuk melakukan jual beli secara fleksibel, dimana saja dan kapan saja.

Itulah cara sukses untuk membangun UMKM bagi fresh graduate. Selain harus memanfaatkan media penjualan seperti marketplace, Anda juga harus menerapkan sifat pantang menyerah dan jujur agar bisnis Anda tersebut bisa terpercaya dan semakin berkembang.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *