Beberapa Budaya Khas Jepang Yang Terkenal

Travel218 views

Budaya khas jepang – Jepang memiliki budaya yang sangat unik sehingga menjadi daya tarik untuk dapat dikunjungi. Tak diragukan lagi jika jepang termasuk negara yang paling populer di seluruh dunia, karena jepang ini termasuk negara yang paling terbesar dan maju dalam ekonomi maupun teknologi di seluruh dunia.

 Untuk mengenal lebih dalam lagi tentang jepang anda harus mengetahui keunikan budaya jepang apa saja yang dimiliki. nah, kali ini ada beberapa Budaya khas jepang yang sangat unik yang dimiliki jepang yang harus kalian ketahui jika ingin tour ke jepang.

Kebudayaan jepang unik di jepang

Budaya Jepang Upacara Minum Teh

Di jepang memiliki budaya khas jepang yang cukup terkenal salah satunya yaitu upacara minum teh atau way of tea. Budaya jepang minum teh ini menyajikan matcha, teh hijau bubuk.

Budaya khas jepang minum teh ini sangat penting untuk dilakukan sebagai kebudayaan negara jepang. maknanya tak hanya minum teh saja, akan tetapi tentang sebuah gerakan yang menyiapkan teh dan memusatkan semua perhatian pada proses penyiapannya hingga penempatan peralatan.

Rumah teh yang ada di jepang disebut dengan chashitsu yang dibangun oleh para biksu untuk dijadikan sebagai tempat berkumpulan upacara.

Geisha Budaya Jepang

Geisha merupakan tradisi dan budaya khas jepang yang sangat terkenal. Geisha dilakukan pada wanita untuk menghibur melalui seni, menyanyi atau menari. Secara tradisional mereka memakai baju kimono dan riasan oshiro yang artinya bubuk putih untuk dipakai pada kulit geisha yang pucat.

Geisha juga menggunakan bermacam sandal kayu seperti sandal jepit yang dikenal dengan geta. Namun, tidak semua geisha yang menggunakan maiko atau geisha dalam pelatihan, memakai geta yang tidak mempunyai gigi dibagian bawah, jadi mereka disebut dengan okobo.

layanan tour jepang

Namun, anda tak boleh salah paham tentang geisha bahwa mereka sama sekali bukan pelacur di timur. Banyak yang salah paham tentang geisha karena interaksi dengan pelacur oiran yang menggunakan pakaian dan riasan wajah yang tebal seperti geisha.

Kebudayaan Jepang Origami Dan Kaligrafi

keunikan budaya jepang yang cukup terkenal salah satunya yaitu kaligrafi dengan bentuk tulisan artistik dari bahasa jepang dan dikenal juga dengan sebutan shodo.

Ada 2 jenis simbol pada kaligrafi jepang yaitu kana dan kanji. Kanji dapat mewakili dengan suku kata dan tidak mempunyai arti khusus. Sedangkan kanji jauh lebih lengkap karena mempunyai simbol pada kata-kata dengan jumlah yang lebih dari 10 ribu kata dan masing-masing mempunyai arti.

budaya khas jepang yang terkenal juga seperti seni origami. Seni origami merupakan seni yang melipat kertas sebagai keterampilan yang dapat dilakukan pada semua orang yang ada diseluruh dunia, namun seni ini memang berasal dari jepang.

Kebudayaan Jepang Kimono

Kebudayaan negara jepang yang terkenal yaitu baju tradisional jepang yang berbentuk T disebut dengan baju kimono. Baju kimono memiliki banyak variasi dalam panjang baju dan lengan pada kimono, biasanya panjang baju kimono seharusnya sampai mata kaki dan lengannya hingga ke pergelangan tangan.

Namun, panjang dari baju tersebut tergantung dari status wanita yang menggunakannya. Pada wanita yang masih lajang menggunakan baju kimono furisodo yang berlengan sampai ke lantai. bagi wanita yang sudah menikah bisa menggunakan baju kimono tomesode dengan berlengan pendek.

Kimono hingga saat ini masih digunakan baik pada wanita maupun pria dalam acara khusus seperti acara pernikahan maupun upacara minum teh.

Budaya Khas Jepang Pegulat Sumo

Di jepang gulat sumo termasuk tradisi dan budaya khas jepang yang harus dilakukan untuk para olah raga yang boleh mempraktikkan secara profesional hingga saat ini, agar terlepas dari semua kontroversi yang ada.

Biasanya pegulat sumo akan tinggal di sebuah kandang pelatih komunal dan kehidupan mereka ditentukan melalui tradisi jepang mulai dari makanan dan lainnya. saat menampilkan dirinya di depan umum biasanya pegulat sumo ini akan memakai baju kimono.

Begitulah budaya khas jepang dan tradisi yang cukup terkenal di jepang yang dimilikinya, sehingga membuat semakin dikenal di seluruh dunia. Bagaimana apa kalian penasaran dengan keunikan budaya jepang? jika penasaran cobalah untuk berlibur ke jepang,  sekaligus menikmati liburan anda dengan melihat pemandangan alam.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *