Checklist 10 Kebutuhan Promosi UMKM Kuliner Anda

Bisnis, Edukasi275 views

ARTIKELPOST.ORG – Sebagai salah satu pangsa pasar yang paling menjanjikan, UMKM kuliner banyak dilirik oleh pemilik usaha ataupun orang yang akan membuka suatu usaha. Untuk membangun dan kemudian mengembangkannya menjadi UMKM yang stabil, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan salah satunya adalah dengan melakukan promosi.

Manfaat Promosi

Promosi dilakukan untuk tujuan tertentu. Salah satunya adalah agar semakin banyak orang yang tahu mengenai usaha tersebut sehingga pendapatan yang diterima juga akan semakin besar. Selain itu, manfaat dari dilakukannya promosi produk adalah:

  • Customer loyalty untuk meningkatkan loyalitas konsumen sehingga nantinya konsumen tidak pindah ke competitor.
  • Media komunikasi untuk menyampaikan informasi terkait dengan produk yang akan disampaikan perusahaan ke konsumen baik pelanggan ataupun calon konsumen.
  • Pertahanan untuk menjaga citra dari brand tersebut.
  • Trial dan repeat buying yang memungkinkan usaha Anda untuk mendapatkan pembeli yang baru.

Kebutuhan Promosi

Ada beberapa cara ampuh promosi umkm yang bisa dilakukan. Promosi yang bisa Anda lakukan tersebut bisa berupa promosi secara online dan promosi secara offline. Agar dapat berhasil dalam melakukan dalam promo tersebut dibutuhkan hal seperti berikut ini:

1.     Tester

Ketika Anda menjual suatu makanan, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah tester yaitu makanan yang Anda jual namun porsi atau ukurannya dibuat lebih sedikit. Dengan adanya tester ini maka pembeli anda yang mengunjungi stand seperti di stand makanan dapat mencicipi makanan yang Anda jual. Dengan begitu, calon pembeli dapat menentukan apakah rasanya enak dan pantas untuk dibeli atau tidak.

2.     Brosur

Untuk melakukan promosi, maka Anda harus menyiapkan brosur yang berisi mengenai informasi tentang makanan tersebut. Anda bisa membua brosur semenarik mungkin agar orang tertarik dan memutuskan untuk membeli atau setidaknya bertanya mengenai makanan/minuman tersebut.

3.     Foto Produk

Orang tidak akan tertarik untuk membeli jika tidak ada foto atau bentuk barangnya. Biasanya produk yang akan dibuat tersebut dibuat semenarik mungkin sehingga orang yang melihat akan tertarik dan kemudian memutuskan untuk membeli.

4.     Stand

Stand atau tempat untuk berjualan sangat penting sehingga nantinya Anda akan dapat menjual dan mempromosikan makanan atau minuman yang Anda beli tersebut.

5.     Banner

Agar stand yang Anda miliki tersebut tidak tercampur atau beda dari stand yang lainnya, maka Anda harus memasang banner. Misalnya banner yang dilengkapi dengan nama dan foto produk yang Anda miliki tersebut

6.     Konten

Konten ini dapat dipergunakan untuk promosi iklan secara online. Jadi, orang yang belum tahu jika Anda memiliki UMKM kuliner akan tahu dan kemudian memutuskan untuk ke tempat Anda, untuk mencoba atau membelinya. Konten yang dimaksud ini tidak hanya foto namun juga video misalnya video cara pembuatannya.

7.     Media yang Dipergunakan

Ada banyak media yang bisa Anda pergunakan untuk melakukan promosi. Misalnya dengan menggunakan banner yang artinya Anda harus melakukan promosi secara langsung atau offline. Atau dengan menggunakan media online. Salah satu cara untuk melakukan promosi secara online adalah dengan menggunakan media sosial.

Anda bisa menggunakan fb ads atau IG ads yang kini lebih banyak dipergunakan terutama untuk para kaum milenial yang suka review makanan. Jika anda menggunakan cara offline, misalnya dengan menggunakan radio, maka Anda harus menyiapkan jauh-jauh hari dan kemudian menentukan waktu yang tepat untuk melakukan iklan.

8.     Promo yang Akan Diangkat

Ada beberapa jenis promo yang bisa diangkat. Misalnya beli 1 gratis 1 atau dengan memberikan potongan harga untuk minimal pembelian tertentu. Pastikan jika membuat konten untuk promo, tonjolkan bagian promonya sehingga orang yang melihat akan langsung melihat ke arah promonya.

Selain itu, pastikan jika program promo yang Anda rancang tersebut memiliki rancangan yang baik. Misalnya hanya untuk 100 orang pertama, maka Anda hanya akan menyiapkan makanan atau minuman sebanyak yang Anda promokan.

9.     Orang yang Menyebarkan Konten

Jika konten sudah siap, maka Anda harus mencari orang yang bertugas untuk menyebarkan konten, baik untuk konten online ataupun konten offline. Untuk promosi secara offline, anda tentunya butuh orang lebih banyak karena tugasnya untuk menyebar promo di beberapa titik sehingga semakin banyak orang yang tahu terkait dengan promo yang Anda tawarkan tersebut.

10.Kuota  Internet dan Budget Iklan

Untuk menunjang penyebaran konten secara maksimal, maka Anda butuh kuota internet yang cukup banyak. Misalnya orang itu tahu dari IG maka otomatis orang akan bertanya langsung ke IG sehingga Anda juga harus membalas di IG. Selain itu budget iklan juga harus dianggarkan agar tidak membengkak.

10 kebutuhan untuk promosi UMKM kuliner yang harus Anda perhatikan tersebut harus lengkap dan jangan sampai kurang. Ada baiknya selain melakukan promosi, Anda juga menjual makanan secara online seperti di marketplace yang kini memiliki posisi penting untuk meningkatkan penjualan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *