15 Cara Memasarkan Produk UMKM di Internet

Tips & Trik357 views

ARTIKELPOST.ORG – Bisnis UMKM adalah usaha mikro kecil menengah yang mana menjadi salah satu pilihan bagi kebanyakan wirausaha saat ini. Modalnya yang kecil dengan untung yang menjanjikan, membuat beberapa bisnis UMKM menuang keberhasilan hingga sukses menjadi bisnis yang lebih besar. Kesuksesan tersebut tentu tak lepas dari kegiatan pemasaran handal yang telah dilakukan. Salah satunya dengan melakukan marketing online atau promosi yang ampuh.

Cara Terbaik Memasarkan Produk Melalui Online

Lantas, bagaimana langkah yang tepat dalam memulai promosi produk secara online? Berikut cara memasarkan produk UMKM di internet yang bisa Anda terapkan.

  1. Targetkan Segmentasi Pasar Online

Pentargetan segmentasi pasar memang sangat penting untuk dilakukan. Selain dapat menyasar calon konsumen dengan tepat, anda juga bisa berjualan kepada konsumen yang benar-benar membutuhkan produk anda.

  1. Gunakan Website atau Blog Pribadi

Cara berjualan produk lewat online yang pertama bisa anda lakukan dengan membuat website atau blog pribadi. Saat ini berjualan lewat website bukanlah hal baru yang dilakukan oleh kebanyakan pembisnis. Peluangnya yang besar dapat anda manfaatkan untuk meraup keuntungan lebih dengan cara seperti in.

  1. Membangun Toko Online

Selain website, toko online juga dapat menjadi cara paling efektif untuk berjualan produk secara online. Cara ini sangat tepat bagi anda yang ingin membangun branding produk yang sedang anda miliki. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengatahui produk tersebut.

  1. Melalui Website Orang Lain

Lantas, bagaimana jika tidak memiliki website sendiri? Tidak perlu kuatir, berjualan secara online bisa dilakukan dimana saja. Jika saat ini anda belum memiliki web atau blog pribadi, maka anda bisa berjualan lewat website orang lain. Caranya cukup tinggalkan komentar yang berkaitan dengan pemasaran bisnis anda.

  1. Lewat Sosial Media

Jangan remehkan kekuatan sosial media, media yang satu ini begitu efektif untuk menjual produk secara online. Anda bisa menggunakan berbagai sosial media yang paling banyak digunakan, misalnya saja seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan masih banyaj lagi.

  1. Melalui Marketplace

Marketplace adalah salah satu layanan jual beli online yang begitu efektif untuk anda gunakan. Anda bisa menjual berbagai macam produk lewat situs-situs marketplace yang tersedia saat ini, seperti di Bukalapak, Lazada, OLX, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

  1. Manfaatkan Email Marketing

Cara meningkatkan penjualan melalui internet marketing selanjutnya adalah dengan menggunakan email marketing. Anda bisa menjalankan email marketing sebagi trik untuk memikat calon pembeli anda. Selain itu, cara ini juga baik untuk mempertahankan konsumen agar mereka menjadi pelanggan setiap anda.

  1. Gunakan Layanan Penyedia Iklan Online

Cara menjual produk lewat online ternyata juga dapat anda lakukan lewat layanan penyedia iklan online. Anda bisa membuat iklan banner online yang kemudian akan anda sematkan di beberapa website orang lain untuk diarahkan ke website pribadi anda.

  1. Menggunakan Google Adwords

Google Adwords adalah layanan periklanan yang disediakan oleh Google. Biasanya jika anda mengetikan kata kunci di laman pencarian google. Iklan-iklan seperti ini akan berada di posisi teratas halaman pencarian google.

  1. Gunakan Layanan Ads

Memaksimalkan penjualan tidak cukup dilakukan hanya bergantung pada situs-situs gratisan saja. Anda bisa menggunakan layanan Ads sebagai cara berjualan produk lewat online cepat laku. Buatlah beberapa layanan Ads dengan target pasar yang anda tuju, seperti Facebook Ads, Instargam Ads, dan masih banyak lagi.

  1. Gunakan Jasa PPC

Biasanya untuk memaksimalkan penjualan lewat online, banyak pembisnis yang menggunakan jasa PPC yang mengarah ke website toko online mereka. Namun, untuk cara ini memiliki kelemahan, dimana anda harus membayar sejumlah uang setiap kali iklan tersebut di klik oleh orang lain.

  1. Aktif di Forum-Forum Media Online

Cara meningkatkan penjualan dengan internet marketing juga dapat anda lakukan dengan aktif bergabung di forum-forum media online. Disana selain dapat bertukar informasi, anda juga dapat memasarkan sekaligus menjual produk ke anggota forum lainnya.

  1. Jalin Relasi Sebanyak-banyaknya

Relasi menjadi salah satu pendukung kesuksesan anda melakukan promosi di sosial media. Dengan banyaknya relasi yang anda miliki, maka kemungkinan besar penjualan produk akan lebih mudah untuk anda lakukan. Selain itu, relasi yang banyak juga dapat anda ibaratkan sebagai konsumen terbaik yang mungkin akan membeli produk-produk anda di sosial media.

  1. Tambah Keunikan Agar Konsumen Lebih Tertarik

Mungkin pemasaran saja tidak cukup dilakakukan untuk memikat hati para konsumen agar mau membeli produk anda. Cobalah untuk mencari keunikan dari produk tersebut yang mungkin belum ada atau bahkan belum dilakukan oleh kompetitor bisnis anda.

  1. Terus Tingkatkan Kemampuan dan Strategi Internet Marketing

Jika cara promosi melalui internet marketing untuk meningkatkan penjualan di atas sudah anda lakukan. Maka terus tingkatkan kemampuan anda dalam memahami teknik dan strategi internet marketing agar produk dapat terjual lebih keras lagi. Anda juga dapat menggunakan metode internet marketing dengan memanfaatkan sosial media seperti Whatsapp Marketing dan sejenisnya

Dengan cara memasarkan produk UKM yang lebih mudah dan cepat di atas, maka hal tersebut akan berdampak pada peningkatan penjualan sekaligus omzet harian bisnis anda. Terus lakukan promosi agar produk anda semakin laku di pasaran.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *