oleh

UMKM Minuman Go Online, Solusi Bisnis Milenial Kekinian

ARTIKELPOST.ORG – UMKM minuman go online lebih menarik pebisnis untuk mendapatkan peluang pasar yang lebih luas. Jadi, konsumennya bukan saja dari satu daerah tetapi bisa dari berbagai daerah. Bahkan pemerintah merancang gerakan UMKM online.

Sehingga bagi pebisnis minuman yang menggunakan sistem go online sangat bagus untuk perkembangan bisnis. Apalagi generasi millenial saat ini tidak bisa terlepas dari berbagai teknologi termasuk hal-hal berbau online.

Sistem UMKM Go Online

Sistem go online pun memberikan keuntungan tersendiri kepada pebisnis. Selain karena peluang pasar yang lebih besar, pebisnis juga tidak diwajibkan untuk memiliki gedung yang besar dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Selain itu, tidak membutuhkan banyak biaya sebab saat ini tersedia aplikasi gratis yang bisa dimanfaatkan. Berikut adalah hal penting tentang sistem UMKM go online.

  • Proses promosi dilakukan dengan manajemen yang baik agar tidak rugi nantinya. Apapun pekerjaan atau bisnis yang dijalankan jika tidak adanya proses manajemen yang baik maka bisnis tersebut sulit untuk terus mengalami perkembangan.
  • Produk minuman yang dihasilkan bisa didaftarkan di marketplace  dengan sistem penjualan online. Para pebisnis pun bisa menjual produknya dengan leluasa, bisa menjual diberbagai lokasi yang penting ada jaringan internet. Prosesnya ada pemotretan produk, deskripsi produk lengkap dengan harga produk.
  • Produk yang dikenal dengan luas dikalangan masyarakat sehingga brand UMKM minuman go online juga akan lebih kuat. Coba bandingkan dengan produk yang dijual secara offline, malah yang lebih dikenal oleh masyarakat yaitu produk yang dijual secara online. Akan sangat bagus lagi jika ditawarkan dengan kedua sistem tersebut, sambilan menjual secara offline juga dipromosikan secara online baik di marketplace ataupun berbagai media social.
  • Bahkan bukan hanya dikenal oleh masyarakat satu kota saja, tetapi bisa dikenal di seluruh Indonesia. Apalagi dengan kecanggihan teknologi, konsumen bisa mengetik nama produk yang ingin dibeli di mesin pencari nantinya akan keluar produk yang tersedia. Inilah pentingnya bisnis UMKM minuman go online.
  • Apalagi bisnis minuman ini bisa dilakukan meskipun dengan modal yang minim serta tidak membutuhkan keahlian khusus. Untuk pebisnis pemula dalam rangka memperkenalkan produk yang dihasilkan, ada strategi yang harus dilakukan.
  • Misalnya dengan promo atau mengikuti berbagai event. Teknik pengambilan gambar yang cantik dan menarik juga cukup berpengaruh pada laris atau tidaknya  produk yang ditawarkan. Jika ditawarkan secara offline, tentunya dibutuhkan lokasi yang strategis. Namun jika dijual dengan sistem go online, lokasi penjualan tidak cukup berpengaruh sebab para konsumen bisa melihatnya di social media, marketplace ataupun website khusus yang sengaja dibuat oleh pebisnis. Hal lain yang ikut berpengaruh pada bisnis go online yaitu supplier yang bisa dipercaya.

Para pebisnis millenial harus paham teknologi sebab saat ini hampir semua kegiatan sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi. Sehingga berbagai kebutuhan bisa didapatkan secara online, juga tak terkecuali untuk mendapatkan makanan dan minuman.

Bagaimana Cara Memaksimalkan UMKM Minuman Go Online?

Penggunaan internet dan smartphone semakin hari semakin tinggi. Begitu juga dengan adanya marketplace, penjualan sistem go online semakin digemari. Bahkan bukan saja pakaian atau sepatu yang bisa dibeli secara online, namun makanan dan minuman pun sangat mudah untuk didapatkan. Tentunya tersedia kurir yang akan mengantarkan paket para konsumen hingga sampai ke alamat yang diberikan oleh konsumen.

Banyak usaha kecil-kecilan berkembang menjadi usaha yang lebih besar dengan memanfaatkan sistem penjualan go online baik dengan memajangkan di marketplace atau berbagai media social yang mendukung. Khususnya makanan dan minuman sebab dua benda merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Sehingga tidak perlu takut jika bisnis yang dijalankan akan rugi nantinya. Meskipun memang untuk pertama kali ada kegagalan, tetapi untuk kesuksesan yang lebih besar tentu gak masalah jika gagal beberapa kali.

Modal usaha yang dibutuhkan untuk lancarnya bisnis yang dijalakan selain dari modal material juga dibutuhkan modal kepercayaan. Sebab kepercayaan konsumen membuat produk yang dijual semakin banyak yang laku, bahkan bisa saja pelanaggan yang pertama membeli akan membeli lagi jika menyukai produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk  memiliki jaringan yang banyak.

Itulah berbagai keuntungan UMKM minuman go online yang bisa didapatkan pebisnis. Sistem go online ini bisa digunakan oleh pebisnis pemula ataupun pebisnis yang sudah lama. Namun saat ini sangat banyak pebisnis millenial pemula yang memanfaatkan media social untuk menawarkan berbagai produk yang dihasilkan kepada konsumen.

Para pelaku bisnis mendapatkan keuntungan dan bisa menjalankan bisnis dengan leluasa. Sedangkan para konsumen yang memesan makanan atau minuman secara online pun  tidak ribet. Sebab , hanya dengan memanfaatkan layar handphone, pesan dan tunggu.

Pesanannya akan diantarkan oleh kurir hingga tiba di tangan konsumen. Begitu juga akan sangat bagus dan disukai oleh konsumen yang malas keluar rumah jauh-jauh untuk mendapatkan minuman. Hanya tinggal pesan dan tunggu. Sangat mudah untuk dilakukan.

Join marketplace juga sangat bisa membantu memaksimalkan UMKM minuman menjadi sangat terkenal. Anda dapat meletakkan katalog minuman dan melakukan pengiriman di dalam kota menggunakan kurir atau pengiriman ke luar kota dengan cargo. Namun, minuman yang dikemas harus aman dan tahan lama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya