oleh

Mudah Dilakukan, Inilah 4 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

ARTIKELPOST.ORG – Seiring bertambahnya usia, tentu saja rambut seseorang akan memudar serta digantikan oleh uban. Memberi warna atau mengecat rambut kembali jadi hitam yang dilakukan sendiri atau melalui salon mempunyai resiko tertentu. Lantas seperti apa cara yang benar untuk menghitamkan kembali rambut dengan cara yang alami dan aman? Berikut akan diulas, simak!

Menghitamkan Rambut Secara Alami

Sebenarnya ada berbagai macam bahan alami yang bisa digunakan dan mungkin saja saat ini terdapat di rumah Anda bahan alami untuk membuat rambut kembali hitam. Nah, berikut ini beberapa metode menghitamkan rambut dengan bahan alami yang mudah didapatkan dan tentu saja bisa Anda coba.

1. Gunakan Kopi

Salah satu cara menghitamkan rambut secara alami ialah dengan menggunakan kopi. Berkat isi kafein di dalamnya, kopi dipercaya bisa membuat warna rambut jadi lebih hitam.

Apalagi, warna hitam pada kopi disebut-sebut bisa menghitamkan rambut beruban secara alami. Alasannya, kopi mempunyai warna utama yang hitam sehingga dapat jadi ‘bercak hitam’ pada rambut.

Cara memakainya:

  • Seduh secangkir kopi hitam tanpa gula, krimer, ataupun susu
  • Campurkan½ gelas kopi dengan 2 sdm bubuk kopi serta 1 gelas kondisioner rambut tanpa bilas
  • Oleskan kombinasi tersebut pada rambut yang bersih serta lembab
  • Biarkan masker kopi membeku selama satu jam
  • Bilas rambut sampai bersih apabila telah selesai
  • Ulangi buat memperoleh warna hitam yang diinginkan

2. Daun Sage

Menggunakan daun ini juga merupakan salah satu cara mudah menghitamkan rambut secara alami. Jadi keberadaan daun ini tidak hanya digunakan untuk bahan rempah atau bumbu makanan saja. Metode menghitamkan rambut secara alami ini bisa dibalurkan langsung ke kulit kepala.

Kandungan melamin pada daun sage menolong menutupi uban secara alami. Tidak hanya itu, sage kaya kandungan antioksidan yang disinyalir bisa menolong menghindari serta mengrangi pembuatan uban baru. Tetapi, hal ini membutuhkan riset lanjutan.

Metode membuatnya:

  • Seduh 1 gelas daun sage kering dalam 1 liter air mendidih selama 30 menit
  • Biarkan air jadi dingin serta saring
  • Cuci rambut (keramas) serta keringkan rambut dengan handuk
  • Tuangkan air sage pada rambut sebanyak mungkin
  • Biarkan air teh meresap selama 15 menit
  • Bilas rambut sampai bersih

3. Minyak kelapa

Sudah bukan rahasia umum lagi apabila minyak kelapa berguna buat rambut. Ternyata minyak kelapa ini juga diketahui bisa untuk menghitamkan rambut secara alami. Minyak kelapa memiliki asam laurat yang cukup besar. Asam laurat ini nyatanya efektif untuk kesehatan rambut, ialah membuat minyak kelapa lebih mudab diserap ke dalam batang rambut.

Alhasil, rambut pun jadi lebih sehat, kuat, serta mengurangi resiko memudarnya warna rambut. Walaupun tidak tampak secara langsung, metode menghitamkan rambut yang satu ini paling tidak bisa Anda coba.

4. Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 serta 6 yang dibutuhkan oleh badan. Alasannya, kedua tipe asam lemak ini diyakini bisa tingkatkan perkembangan rambut.

Tidak hanya itu, masker minyak wijen ini juga membantu menguatkan rambut. Sehingga ujung rambut yang terlihat bercabang akan bisa teratasi. Hal tersebut terjadi disebabkan minyak wijen itu bersifat emolien. Mampu mengisi celah dan juga membentuk segel di pelindung rambut.

Walaupun tidak menghitamkan rambut secara langsung, minyak wijen bisa membuat rambut tidak nampak kusam serta tampak lebih berkilau. Realitasnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan buat menghitamkan rambut secara alami

Inilah beberapa cara mudah menghitamkan rambut secara alami. Anda dapat memilih mau menjauhi resiko toksin dari produk cat rambut ataupun bersabar menunggu hasil dari bahan alami.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya