Deretan Bahan Baju Imlek yang Nyaman Dikenakan

Fashion34 views

ARTIKELPOST.ORG – Imlek merupakan salah satu perayaan penting dan ditunggu-tunggu warga Tionghoa. Untuk menyambut perayaan tahun baru ini warga kerap disibukkan dengan berbagai persiapan mulai dari pernak-pernik, hidangan hingga bahan baju imlek yang akan digunakan.

Selain barongsai dan kue keranjang, perayaan imlek juga identik dengan baju khas China yaitu Cheongsam dan Changshan. Kedua baju tradisional ini memang memiliki ciri khas tersendiri. Baju pada tahun baru tentunya berbeda dengan yang dikenakan sehari-hari karena perayaan tahun baru sama spesialnya dengan hari besar lainnya untuk warga Tionghoa.

Baju Imlek untuk Pria dan Wanita

Baju yang dikenakan saat imlek untuk pria tentunya berbeda dengan wanita. Changshan adalah sebutan baju imlek pria, sedangkan Cheongsam merupakan baju imlek untuk wanita. Berikut penjelasannya!.

Baju Changshan

Baju imlek untuk pria ini memiliki desain yang elegan, unik namun juga terlihat simple. Hal ini sesuai dengan kesederhanaan baju yang dikenakan pria Tionghoa pada zaman dulu. Sepanjang abad ke-17 hingga abad ke-20, baju ini merupakan pakaian wajib yang harus digunakan kaum pria.

Runtuhnya dinasti Qing dan adanya perkembangan zaman, jenis baju ini mulai ditinggalkan. Di era modern ini Changshan hanya digunakan saat menghadiri acara-acara formal misalnya acara pernikahan atau perayaan hari keagamaan. Model baju Changshan pun kini lebih modern dan beragam.

Baju Cheongsam

Cheongsam merupakan baju tradisional yang dikenakan wanita Tionghoa. Cheongsam sendiri konon berasal dari bahasa Kanton yang berarti pakaian panjang. Di wilayah Beijing, pakaian jenis ini lebih dikenal dengan nama Qipao.

Model baju terusan ini banyak dikenakan oleh wanita Manchu dari dinasti Qing di wilayah utara China. Baju ini menonjolkan sisi feminim dan lekuk tubuh sehingga wanita akan terlihat anggun menggunakan baju ini dengan berbagai hiasan menarik lainnya.

Bahan Baju Imlek yang Nyaman Dikenakan       

Awalnya bahan baju imlek yang sering digunakan adalah sutra tradisional. Seiring dengan perkembangan dunia garmen, material tekstil kontemporer pun banyak digunakan karena lebih terjangkau dan banyak pilihannya.

Sejumlah corak atau motif pada baju Cheongsam memiliki arti tersendiri misalnya bunga peony yang merupakan simbol kekayaan dan kesejahteraan. Bahan kain yang digunakan kini banyak dipilih bahan adem agar bisa lebih nyaman saat mengikuti acara kumpul keluarga yang tak sebentar. Berikut ini beberapa pilihan kain untuk baju imlek:

Katun

Kain ini bisa menjadi alternatif pilihan karena lembut dan nyaman dikenakan. Baju dengan kain katun biasanya lebih adem, kuat dan tidak mudah robek. Kelebihan lainnya adalah memiliki daya serap keringat yang baik dan tidak berbulu.

Sutra

Kain ini merupakan salah satu serat tekstil yang berkualitas jika dibandingkan dengan kain lainnya. Selain menawarkan kesan mewah dan elegan, bahan sutra cocok dikenakan untuk Cheongsam yang lembut dan nyaman.

Satin

Ciri khas bahan ini adalah permukaannya yang halus dan licin. Tentu saja ini menjadi keunggulan untuk digunakan sebagai bahan baju imlek yang terlihat lebih formal dan mewah. Teksturnya halus dan berkilau memberi kesan mahal.

Brokat

Pilihan jenis kain yang satu ini memang kaya akan dekorasi, pola yang ditampilkan sangat beragam mulai dari tanaman, bunga atau unsur alam lainnya. Pecinta fashion tentu menyukai bahan yang satu ini karena terkesan lebih unik.

Setelah mengetahui apa saja bahan untuk baju imlek yang akan Anda kenakan, Anda bisa membeli baju imlek dengan mempertimbangkan bahan yang digunakan. Baju imlek wanita murah bisa Anda dapatkan secara online di marketplace terpercaya seperti Blibli.

Blibli merupakan mall online yang menyediakan produk kebutuhan masyarakat Indonesia dan telah bekerja sama dengan banyak UMKM di Indonesia. Kemudahan dalam berbelanja bisa Anda dapatkan mulai dari memilih produk, melakukan pembayaran dan menunggu produk dikirimkan ke alamat tujuan.

Berbagai penawaran menarik seperti gratis ongkir, diskon dan berbagai promo bisa konsumen dapatkan di marketplace ini. Jika terdapat kendala bisa menghubungi customer service yang siap membantu.

Demikian ulasan singkat mengenai bahan baju imlek yang bisa dipilih untuk kenyamanan keluarga. Dapatkan berbagai kebutuhan imlek seperti baju dan hiasan menarik lainnya dengan berbelanja di Blibli!.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bacaan Lainnya