Ingin Kerja Di Jepang? Inilah Cara Dan Syarat Untuk Melamar Kerja Di Jepang

Artikel232 views

ARTIKELPOST.ORG, Kerja di jepang – Sebagian anak mudah pasti ingin bekerja untuk menemukan pengalaman kerja dan pastinya kamu memilih untuk bekerja di luar negeri. Salah satu negara yang mempekerjakan warga negara asing yaitu negara jepang. Banyak yang memilih untuk kerja di jepang terutama anak mudah jaman sekarang ini. Hal itu dikarena gaji yang dihasilkan di jepang lumayan besar, bahkan fasilitas di jepang pun juga sangat lengkap bagi yang menetap di jepang. Karena jepang adalah negara yang maju, itulah mengapa jepang memberikan fasilitas yang lengkap.

Walaupun negara jepang adalah negara yang maju, namun sayangnya penduduk jepang sangatlah menurun. Itulah mengapa jepang merekrut tenaga kerja asing untuk bekerja di jepang. Sebab, banyak sekali pekerjaan yang ada di jepang dan sayangnya jepang malah kekurangan penduduk. Akan tetapi, pemerintah jepang telah melakukan kerjasama di berbagai negara dan salah satunya yaitu indonesia. Jadi tak heran jika TKI banyak yang kerja di jepang.

Bekerja di jepang pun juga sangat menguntungkan bagi kita, pasalnya kita bisa menikmati fasilitas yang lengkap, kemudian kita juga dapat pengalaman kerja di luar negeri sambil menikmati tempat wisata indah yang ada di jepang.

Baiklah artikel ini akan membahasa cara dan syarat untuk melamar kerja di jepang, mari simak baik-baik berikut ini.

 Budaya kerja di jepang

Pertama kamu perlu mengetahui budaya kerja di jepang terlebih dahulu. Karena budaya kerja ini sangat di kenal di kalangan wisatawan asing dengan budaya kerja yang ketat. Maka dari itu ketahuilah budaya kerja di jepang untuk mudah bergaul dan beradaptasi dengan penduduk jepang, berikut ini.

  1. Memiliki jam kerja yang padat.
  2. Memiliki sikap yang disiplin dan tepat waktu.
  3. Atasan dianggap seperti dea.
  4. Memiliki rasa tanggungjawab yang sangat tinggi.
  5. Adanya senortitas.

 Cara untuk melamar kerja di jepang

Buat kamu yang ingin melamar kerja di jepang kamu mesti mengetahui caranya terlebih dahulu untuk mempermudah jalan dan proses kamu dalam melamar kerja di jepang, berikut ini.

  1. Lamarkan diri kamu ke perusahaan jepang yang ada di indonesia

Untuk mempermudah kamu untuk melamar kerja di jepang kamu mesti melamarkan diri kamu terlebih dahulu ke perusahaan jepang yang ada di indonesia terlebih dahulu. Setelah kamu diterima di perusahaan jepang yang ada di indonesia, maka disitulah ada peluang kamu untuk bisa bekerja di jepang.

  • Magang di jepang melalui jalur depnaker

Cara kedua, kamu bisa melamar kerja dan magang di jepang walau hanya lulusan SMA/SMK. Tenang saja walaupun kamu itu hanya pemagang kamu bisa mendapat pengalaman kerja di jepang. Biasanya tenaga magang di butuhkan pada pekerjaan adalah pertanian, peternakan dan pabrik. 

  • Bersekolah di jepang

Untuk bisa bekerja di jepang kamu bisa bersekolah di jepang dulu melanjutkan studi kamu seperti S2 atau sekolah bahasa jepang. Setelah mendapatkan ijazah sekolah di jepang maka kamu dengan mudah bisa mendapatkan lowongan kerja di koran maupun di internet.

Syarat melamar kerja di jepang

  1. Bisa berbahasa jepang

Jika kamu ingin kerja di jepang, hal yang sangat penting buat kamu yaitu menguasai bahasa jepang. Sebaiknya kamu harus melatih untuk berbahasa jepang agar kamu nantinya bisa bercakap dengan orang jepang baik itu dalam kerja maupun kehidupan sehari-hari.

  • Lulus tes JLPT N2

Jika kamu ingin magang atau kerja di jepang sebaiknya kamu harus mengikuti tes percakapan bahasa jepang terlebih dahulu seperti tes JLPT (japan language proficiency test). Jika perlu kamu harus lulus di level JPLT N2 atau setidaknya kamu bisa memahami dan bisa berbahasa jepang dengan cepat. Untuk pekerjaan sangat spesifik tes JLPT akan semakain naik level.

  • Bertanggung jawab dan disiplin

Orang jepang sangat menyukai orang yang disiplin dan bertanggungjawab dalam masalah pekerjaan. Jadi, sebelum kamu melamar kerja sebaiknya kamu harus melatih diri kamu untuk disiplin dengan datang tepat waktu dan menyelesaikan semua tugas kerja yang diberikan walaupun harus lembur.

Kesimpulan

Jika ingin melamar kerja di jepang sebaiknya kamu harus mengikuti berbagai tes seperti JLPT N2 atau N5 dan kamu harus belajar berbahasa jepang untuk mempermudah kamu untuk berbicara dengan orang jepang. Selain itu kamu juga mesti mengikuti semua aturan dan budaya kerja yang dimiliki jepang selama kamu masih berada di jepang.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bacaan Lainnya