oleh

Mengenal JLPT Beserta Levelnya dan Juga Manfaat Sertifikat JLPT

ARTIKELPOST.ORG – Bagi anda yang mungkin baru memulai belajar bahasa jepang mungkin sedikit asing dengan istilah JLPT yang kemudian juga terdapat level JLPT mudali dari Level N1, N2, N3, N4 dan juga N5. Lantas, apa sebenarnya arti dari JLPT? Dan juga apa perbedaaan dari level JLPT N1 hingga N5? Berikut akan diberikan penjelasannya.

Apa itu JLPT?

JLPT sebenarnya merupakan singkatan dari Japanese Language Proficiency Test yang dalam bahasa jepangnya disebutkan日本語能力試験 (nihongo nouryoku shiken). Sesuai dengan kepanjangannya, jika diartikan maka JLPT sendiri merupakan ujian kemampuan bahasa jepang yang ditujukan untuk orang yang mempunyai bahasa ibu bukan bahasa jepang.

Berdasarkan sejarahnya, JLPT sendiri pertama kali diadakan tahun 1984, diikuti dari 62 negara dangan jumlah pesertanya lebih dari 600.000 orang. Biasanya JLPT diadakan 2 kali dalam setahun pada minggu pertama bulan Juli dan Desember.

Di Indonesia sendiri, JLPT diselenggarakan di 7 kota, ini merupakan salah satu rekomendasi bagi anda yang setelah belajar bahasa jepang kemudian ingin mengikuti tes JLPT. Berikut kota tempat diselenggarakannya JLPT di Indonesia :

  • Jakarta,
  • Bandung,
  • Yogyakarta,
  • Surabaya,
  • Medan,
  • Denpasar
  • dan Padang.

Level JLPT dan Perbedaannya

JLPT mempunyai 5 level mulai dari N1 N2 N3 N4 dan N5 dimana masing – masing level ini memiliki perbedaan. Perbedaan yang mencolok dari level JLPT ini yaitu pada tingkat kesulitannya. Seperti JLPT N5 merupakan level yang terendah dan N1 level tersulit.

Untuk lebih detailnya, berikut penjelasan dari level JLPT dan juga perbedaan yang bisa anda simak.

JLPT N5

Dalam JLPT N5 ini karena termasuk level terendah maka terdapat beberapa standar seperti menguasai kosa kata sekitar 800 dan juga menguasai kanji sekitar 100. N5 juga diharapkan dapat memahami minimal kalimat standar yang kemudian jika ditulis dengan hiragana atau dengan kanji yang sangat sederhana.

JLPT N4

Untuk Level N4 mampu kuasai kanji sekitar 300 & juga kosa kata sebanyak 1.500. dilevel ini juga diharapkan dapat mengerti percakapan sehari-hari dalam bahasa jepang, jika dilafalkan secara lambat dan juga dapat membaca materi yang sederhana.

JLPT N3

JLPT Level N3 mampu kuasai kosa kata 3.750 & kanji sekitar 650, selain itu dapat mengerti artikel dalam bahasa jepang yang jika ditulis dengan kanji yang mudah, dan juga dapat ikuti perkataan orang jepang dengan tempo yang normal.

JLPT N2

JLPT level N2 ini harus mampu kuasai kanji 1.000 & kosa kata sekitar 6.000, dapat memahami tulisan dengan topik yang umum dan juga memahami pembicaraan dan berita dengan tempo yang normal.

JLPT N1

Level JLPT N1 ini merupakan tingkatan tersulit, sebab di level ini harus mampu kuasai Kanji sekitar 2.000 dan juga kosa kata sekitar 10.000, pada level ini juga bisa mengerti berbagai macam pembicaraan dalam situasi tertentu, dan bisa mengerti perbedaan nuansa dalam kalimat ketika menggunakan kata tertentu.

Ujian JLPT dan Manfaat Sertifikat JLPT

Dalam ujian JLPT terdapat 4 sesi dalam pemberian soal – soal, adapun sesi tersebut diantaranya :

  1. 文字語意 (mojigoi) : menguji kemampuan peserta dalam pemahaman kosakata dalam bahasa Jepang dan juga kanji
  2. 聴解 (choukai) : menguji kemampuan peserta dalam mendengarkan serta memahami dialog dalam bahasa Jepang
  3. 読解 (dokkai) : menguji kemampuan peserta dalam memahami artikel yang ditulis dalam bahasa Jepang
  4. 文法 (bunpou) : menguji kemampuan peserta dalam memahami grammar dari bahasa Jepang

Manfaat dari Sertifikat JLPT

Manfaat sertifikat JLPT terbagi berdasarkan dari levelnya, adapun pembagian dari kegunaan sertifikat JLPT berdasarkan levelnya yaitu :

  1. Sertifikat JLPT Level N1 : Berguna atau bermanfaat untuk Bekerja di jepang dan perusahaan Jepang di Indoesia.
  2. Sertifikat JLPT Level N2 : Berguna atau bermanfaat untuk Sebagai persyaratan Beasiswa atau melamar pekerjaan di Jepang.
  3. Sertifikat JLPT Level N3 : Berguna atau bermanfaat untuk persyaratan melamar pekerjaan atau Magang di Jepang.
  4. Sertifikat JLPT Level N4-N5 : Berguna atau bermanfaat untuk Masuk sekolah bahasa di Jepang.

Demikianlah artikel tentang pengenalan JLPT, level dari JLPT, dan juga manfaat dari sertifikat JLPT. Semoga dapat membantu anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.