Teknik Pengendalian Kutu Hijau Pada Kopi yang Tepat

Artikel, Health309 views

ARTIKELPOST.ORG – Kutu hijau ini memiliki nama lain yaitu Insecta ordo Homopetra. Kutu hijau prinsipnya menyerang pada seluruh bagian tanaman yang masih berwarna hijau dan muda. Serangan kutu ini bisa terjadi pada bagian batang, pucuk tanaman, buah dan juga bunga.

Serangan kutu hijau pada daun sering terjadi sepanjang tulang pada daun. Jika serangan terjadi di bagian batang yang masih muda (hijau) menyebabkan pertumbuhan tunas terhambat, bagian tanaman menguning, kerdil dan ruas memendek. Tidak bisa tumbuh dengan harapan yang maksimal

Dalam siklus hidupnya, terjadi simbiosis mutualisme antara kutu hijau ini dengan hewan semut, terutama semut merah. Hama kutu hijau atau biasa disebut (Insecta) dan jenis kutu tanaman sejenis lainnya dapat mengeluarkan senyawa berupa madu sebagai ekskresinya yang menyebabkan kerusakan pada daun.

Penyebaran hama kutu hijau pada khususnya mendapatkan bantuan oleh hewan semut. Jadi jika populasi kutu hijau besar senyawa ekskresi tadi biasanya sering menutupi bagian permunkaan tanaman.

Senyawa gula yang dihisap oleh semut terbawa didalamnya menjadi media tempat tumbuh yang sangat baik bagi jamur embun jelaga (Capnodium sp). Sehingga pada intensitas serangan berat. Maka dari itu dapat menyebabkan terhambatnya proses fotosintesi pada tanaman.

Dampak Serangan Kutu Hijau pada Kopi

Jika kutu hijau sudah menyerang tanaman kopi daunnya menguning, berguguran, ranting jadi kering terutama menjelas musim kemarau. Kulit akar banyak yang mengelupas.

Kalua yang diserang ranting menggerek kulit dan membuat lubang kecil di dalam kayu. biasanya tidak ada pada musim kemarau.

Kutu hijau juga menyerang daun, tunas dan bunga tanaman kopi biasanya berupa kutu. Hama kutu hijau dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman kopi dengan cara mengisap cairan yang terkandung didalam zat makanan di daun muda, tunas muda, ranting, dompolan bunga, dan buah menggunakan paruhnya.

Cara Pengendalian Kutu Hijau Pada Kopi

  1. Pengolahan tanah sebanyak 2-4 kali setiap tahun.
  2. Memberikan pupuk organik yang mengandung cacing tanah.
  3. Buang dan bersihkan cabang yang terjangkit oleh hama kutu hijau.
  4. Siangi ataupun bersihkan pohon-pohon yang mati.
  5. Kurangi populasi pohon disekitar jika terlalu padat atau terlalu banyak untuk mengurangi penyebarannya.
  6. Menggunakan pestisida jika serangan terlalu banyak sesuai dengan takaran yang digunakan.
  7. Buat perangkap buatan yang menarik seperti buatkan corong yang saling berhadapan hingga menghasilkan bunyi. Karena suara yang ditimbulkan ini, dapat menyebabkan hama kutu biji kopi masuk dalam perangkap.
  8. Kontrol kelembaban di area sekitar tanaman. Caranya yaitu pangkas cabang dan atur posisi tanaman hingga kelembaban tidak terlalu rendah.

Tanaman kopi yang terserang pada umumnya menjadi layu dan kering. Buah dan kotoran rontok menempel di daun mengandung zat gula sehingga memudahkan jamur tumbuh di sekitar daun tersebut.

Kalau sudah seperti itu dapat menganggu proses fotosintesis daun dan menghambat perkembangan tanaman tersebut.

Demikianlah teknik pengendalian kutu hijau pada kopi yang tepat agar tidak mengganggu proses penanaman pohon kopi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *