oleh

Lakukan Cara Ini Untuk Menjaga Beras Agar Tidak Terserang Kutu

ARTIKELPOST.ORG – Halo guys apakah kalian tau bagaimana menjaga beras agar tidak berkutu? Jadi, kalian semua pasti paham! Sebelumnya kita memaknai apa itu kutu beras? Kutu beras disini memiliki makna hama kecil dan hitam ditumpukan beras disebut dengan kutu beras.

Dalam bahasa latin Serangga mempunyai nama lain “Sitophylus oryzae menyebabkan butiran beras menjadi berlobang kecil-kecil serta mudah pecah dan remuk bagaikan tepung, sehingga kualitasnya rendah karena rasanya tidak enak dan berbau apek. (Isnaini et al., 2015).

Beberapa cara ampuh untuk mencegah dari kutu beras sebagai berikut.

  1. Mencegah Beras Agar Tidak Berbau

Cara mencegah agar tidak berbau memisahkan tempat basah dan kering. Selain itu, pada saat membeli beras pastikan berasnya masih layak dikonsumsi, dan baru. Sebab jika berasnya lama akan rentan dengan datangnya kutu beras.

Kalau hingga kutu sampai muncul dalam beras akan menjadikan bau beras yang apek dan berjamur. Nantinya mengakibatkan tak enak lagi untuk dimakan. Maka dari itu betul-betul harus diantisipasi agar beras tidak berbau.

  • Rutin Membersihkan Wadah Beras

Cara pencegahan kutu beras agar tidak hinggap di dalam beras. Salah satunya Membersihkan tempat beras secara rutin bila perlu bisa disemprot dengan disinfektan agar kuman hilang.

Wadah yang digunakan untuk menyimpan beras harus dipastikan tidak basah. Jika basah akan mengakibatkan kelembaban. Hal tersebut membuat beras berjamur dan membuat apek, dan memudahkan munculnya kutu beras.

  • Bekukan Beras di Freezer

Sebelum dimasukkan ke dalam wadah, ada baiknya untuk membekukan beras terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Cara ini dilakukan untuk memastikan beras yang dibeli terbebas dari telur kutu.

Proses pembekuan tersebut bisa dilakukan selama empat hari. Tujuan dari pembekuan beras tersebut mencegah perkembangbiakan larva yang terselip dalam beras.

  • Tambahkan Daun Salam

Mengusir kutu beras di dalam wadah beras memasukkan daun salam ke dalam wadahnya. Fungsinya untuk menghilangkan serangga hama ini. Karena dengan memasukkan daun salam karena aroma daun salam yang cukup kuat diyakini mengusir kutu beras tersebut.

  • Menggunakan bawang putih atau jahe

Bawang putih merupakan dari tanaman Genus Allium tumbuh di Asia tengah. Tanaman jahe merupakan rempah-rempah yang memiliki nama laatin Zingiber Offcinale.

Tanaman ini berasal dari Asia Pasifik tersebar dari India hingga dataran Cina. Tanaman memiliki manfaat untuk Kesehatan dan juga bisa mencegah kutu beras.  Aroma bawang putih dan jahe memiliki bau menyengat tidak disukai oleh kutu beras.

Dari cara-cara diatas dapat dilakukan penerapan sehari-hari agar beras tidak diserang kutu. Selain mencegah kutu penyimpanan tempat atau wadah beras yang tepat juga bertujuan menjaga kebersihan juga lho! Bisa dipahami ya guys silahkan di coba.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya