oleh

Tips Maksimalkan Promosi Online Usaha Kerajinan

ARTIKELPOST.ORG – Bisnis UMKM kerajinan memang terasa kurang maksimal jika tidak didongkrak. Anda yang menjalani bisnis ini harus lebih giat dan ebih aktif dibanding mereka yang memiliki bisnis selain produk kerajinan. Sebuah daya tarik sudah menjadi tanggung jawab dari produk yang Anda jual, dan kini Anda lah yang bertanggung jawab untuk mengenalkan produk-produk tersebut kepada calon konsumen.

Ada banyak cara yang bisa diambil untuk mengenalkan produk kerajinan UMKM kepada calon konsumen, hanya saja semuanya tak sama persentase keberhasilannya. Mungkin sebagian pebisnis tetap memilih jalur offline untuk menjajakan produknya, dan hal ini lah yang dipilih oleh pebisnis di sekitar pusat perbelanjaann atau kawasan destinasi wisata.

Mereka mengangap apa yang dilakukannya sekarang sudah cukup membuahkan laba yang melimpah. Lalu pertanyaannya, apakah semua pebisnis UMKM kerajinan harus berada di sekitar pusat perbelanjaan atau kawasan wisata? Tentu saja tidak bukan?

Mereka yang bertempat tinggal jauh darikawasan wisata tetap bisa sukses dalam menjalankan bisnis UMKM produk kerajinan, termasuk juga Anda. Anda tak perlu lgi khawatur apakah produk yang Anda jual bisa selaku mereka yang berjualan di sekitar kawasan pariwisata.

Mulai Promosi Secara Online

Manfaatkan era yang serba teknologi untuk urusan bisnis Anda. Bagaimana caranya? Caranya tak lain adalah dengan menyangkutkan segala aktivitas bisnis di ranah online, dari soal branding, marketing, hingga transaksi.

Jika rupanya sekarang ini adalah saat baru-barunya Anda memiliki UMKM kerajinan maka Anda membutuhkan sebuah branding. Branding ini dilakukan dengan cara membuat logo produk, nama brand, dan hal lain yang bisa membuat konsumen mengetahui atau bahkan menghafal produk Anda. Sebuah logo dan nama yang sederhana akan lebih mudah diingat yang mana besar kemungkinannya orang hanya akan memilih produk Anda saat merasa butuh atau ingin.

Pastikan juga bagaimana kualitas produk yang Anda jual, apakah Anda menjual produk kerajinan yang memiliki prestige tinggi, ataukah produk premium yang mengedepankan kualitas material, atau produk pas-pasan supaya bisa dijamah semua kelas masyarakat.

Setelah produk kerajinan UMKM Anda terbranding dengan baik, maka saatnya Anda melakuakn marketing. Karena pada artikel ini memfokuskan pada promosi online, maka solusi online lah yang akan Anda dapatkan disini.

Daftarkan saja produk kerajinan UMKM Anda pada marketplace pilihan Anda. Tak sulit untuk menemukan marketplace yang tepat. Pastikan markeplace yang Anda pilih sudah populer dan banyak dikenal orang. Semakin banyak orang yang mengenal marketplace yang Anda pilih maka semakin besar peluang Anda untuk menjajakan produk kerajinan dengan sukses.

Tak seperti berjualan secara offline yang mana mengharuskan Anda menyewa tempat, merekrut karyawan, atau mungkin mencari perizinan, marketplace memberikan Anda kemudahan dalam berjualan. Bahkan bisa dibilang semua orang bisa mendaftarkan produk apa saja di marketplace.

Dalam marketplace ini, Anda harus paham betul fitur apa yang disediakan untuk memaksimalkan penjualan Anda. Pahami dengan pasti bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan, apakah dengan pesan langsung apakah dengan bertukar nomor telepon, dan lain sebagainya.

Pahami juga apakah marketplace yang Anda pilih memberikan Anda laporan pengunjung toko online Anda atau tidak, karena hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi marketplace. Penting halnya untuk memastikan rekening bersama yang digunakan marketplace, adanya rekening bersama bisa menjamin keamanan dana bertransaksi, baik untuk penjual maupun pembeli.

Lebih Maksimal Dengan Promosi Secara Online

Berpromosi secara online untuk UMKM kerajinan memang lebih maksimal dengan cara online, mengapa? Alasannya hampir semua orang mengandalkan teknologi untuk memenuhi apa yang mereka inginkan atau butuhkan, termasuk juga produk-produk kerajinan.

Dengan berpromosi secara online Anda berkesempatan memberitahu dunia bahwa Anda menjual produk kerajinan khas yang mungkin akan disukai orang-orang dari luar negeri. Marketing secara online menjadi solusi plus plus karena UMKM Anda tak hanya go online saja melainkan juga go international.

Tak hanya mereka yang dari luar negeri saja, orang-orang di dalam negeri kita tetapi berdomisili jauh dengan Anda pun bisa saja tertarik dengan kerajinan yang Anda jual. Benar saja, sebuah kerajinan akan mendapat ruang tersendiri bagi mereka yang mencintai seni. Apalagi jika Anda mampu menghadirkan produk yang benar-benar memiliki ciri khas.

Dengan marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan Anda akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Anda tak perlu menyewa karyawan toko dan menggajimnya setiap bulan. Anda bisa berinteraksi dengan calon konsumen langsung melalui smartphone atau komputer.

Anda akan memiliki toko virtual yang banyak orang menganggapnya sama saja dengan toko konvensional. Dalam hal ini Anda juga akan lebih hemat modal karena Anda tak perlu menyewa ruang untuk berjualan. Transaksi lebih aman karena marketplace pasti menyediakan rekening bersama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya