Tata Cara Pelaksanaan Fumigasi Yang Tepat

Tips & Trik315 views

Pelaksanaan Fumigasi Gudang – Bahan pangan yang tersimpan di tempat penyimpanan biasanya akan mengalami kerusakan yang cukup parah disebabkan oleh serangan dari hama gudang.

Hama gudang muncul diareah tempat penyimpanan seperti dilantai maupun dinding, apabila kebersihan dari ruangan tersebut tidak terjaga maka serangga pengganggu ini akan mudah menjangkau area tersebut. Hama kutu bisa menyerang tanaman atau komoditi pangan baik yang dikemas maupun tidak.

Jika hal ini terjadi para petani akan mengalami kerugian yang cukup besar. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi maka lakukanlah pencegahan atau berikan tidakan penanganan dengan baik agar hama tidak dapat merusak kualitas dan kuantitasnya. Selain itu, hasil panen atau pangan anda akan tetap terjaga kesegarannya.

Salah satu tindakan yaitu melakukan sanitasi atau fumigasi pada tempat penyimpanan untuk membasmi semua hama yang ada.

Cara pelaksanaan fumigasi pada gudang komoditi pangan

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membasmi hama gudang komoditi pangan yaitu menggunakan metode fumigasi.

Fumigasi merupakan cara efektif dan cepat dalam mengendalikan hama gudang. Banyak yang memilih dengan cara fumigasi karena dalam pelaksanaan fumigasi dapat mengirit biaya dan waktu.

Jadi tak heran jika banyak yang menggunakan cara ini dalam mengendalikan hama gudang. Fumigasi dilakukan dengan menggunakan bahan kimia atau fumigan yang cocok dengan jenis hama yang akan dibasmi.

Melakukan fumigasi dengan metode pengasapan dimana fumigan tersebut akan mengeluarkan gas dan menyebar keseluruh ruangan untuk membasmi hama dewasa maupun ke telurnya.

Agar metode ini dapat berjalan lancar ada beberapa cara pelaksanaan fumigasi dengan benar dan tepat, sehingga prosesnya dapat berjalan dengan maksimal dalam mengendalikan hama gudang.

  • Pertama, sebelum pelaksanaan dilakukan siapkan semua alat pelindung diri. Alat pelindung diri ini wajib digunakan untuk melindungi anda selama fumigasi. Karena para fumigator akan berhadapan langsung dengan bahan kimia yang berbahaya.
  • kedua, periksalah seluruh ruangan dan pastikan tidak ada ventilasi yang terbuka. Semua ventilasi dari ruangan yang akan di fumigasi harus tertutup rapat dan pastikan tidak ada kebocoran. Tujuannya agar fumigan dapat menyebar secara optimal untuk bisa mengendalikan semua jenis hama gudang.
  • Ketiga, setelah semua sudah aman maka lakukanlah penyemprotan fumigan keseluruh area. kemudian berikanlah jeda agar fumigan dapat menyebar seuntuhnya di setiap ruangan. Dengan begitu fumigan dapat bekerja dengan maksimal untuk mengendalikan hama.
  • Keempat, jika anda merasa cukup dengan penyemprotan maka segeralah untuk meninggalkan ruangan tersebut. Kemudian diamkan beberapa hari agar hasilnya dapat maksimal. Setelah itu bukalah semua ventilasi pada gudang penyimpanan untuk mengeluarkan sisa gas dari fumigan agar dapat menyebar ke luar area. Sehingga ruangan tersebut aman bagi para pekerja dan bebas dari gas beracun.

Itulah pelaksanaan fumigasi yang tepat dan benar dalam pengendalian hama gudang pangan.

Fumigan pembasmi hama kutu gudang pangan

Dalam membasmi hama gudang dengan metode fumigasi ada hal yang perlu diketahui yaitu dalam memilih fumigan harus sesuai dengan jenis hama apa yang akan dibasmi.

Karena fumigan inilah yang berperan penting dalam membasmi serangga pengganggu. Jika anda salah dalam memilih fumigan maka proses pembasmian akan tidak berjalan lancar malah hama tersebut akan semakin kebal terhadap pestisida.

Jadi pilihlah fumigan secara tepat yang efektif dan ampuh menuntaskan hama gudang, salah satunya insektisida yang tersedia pada PT. Panca Prima Wijaya, Fumiphos 56 TB.

Fumiphos 56 TB  dapat mengendalikan hama gudang dan pemakaiannya sudah terbukti karena obat kutu gudang pangan ini telah berhasil mengatasi hama resisten atau hama rhyzoperta dan juga tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi pangan.

Fumiphos 56 TB ini juga memiliki sertifikat dari kementerian pertanian jadi sudah tentu obat fumigasi ini aman dan terpercaya. itulah pelaksanaan fumigasi yang dapat dilakukan dalam mengendalikan hama gudang dan jangan ragu dalam memilih Fumiphos 56 TB dari PT. Panca Prima Wijaya. Dan jangan lupa untuk selalu konsultasikan masalah gudang pangan anda dan juga tata cara proses fumigasinya menggunakan jasa fumigasi yang telah berpengalaman.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *