Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan Di Jepang

Tips & Trik320 views

ARTIKELPOST.ORG – Jepang telah lama menerima karyawan di luar negeri untuk isi keperluan tenaga kerja di beberapa bidang pekerjaan di situ. Dengan banyaknya lowongan yang ada, kesempatan untuk dapat kerja di Jepang untuk alumnus SMA juga makin besar.

Disamping itu perusahaan Jepang lebih cenderung mengambil tenaga kerja asing dari Indonesia karena dari segi biaya, TKA Indonesia lebih dapat dijangkau dibanding TKA dari negara lain.

Kemungkinan untuk beberapa orang rasanya tidak mungkin alumnus SMA dapat bekerja di luar negeri. Tetapi di Jepang, mereka memang kerap buka lowongan untuk alumnus SMA karena SDM lokal tidak dapat isi beberapa posisi yang dibuka. Disamping itu, ini sebagai sisi kerja sama di bagian ketenagakerjaan di antara Jepang dan Indonesia, begitu halnya negara yang lain.

Beberapa sektor resmi di Jepang tiap tahunnya memerlukan tenaga kerja untuk beragam status. Alumnus SMA umumnya ditaruh di atas lapangan atau front liner. Tidak boleh salah, upah untuk alumnus SMA di Jepang cukup tinggi. Meskipun memang hal tersebut searah dengan ongkos hidup di Jepang yang tinggi. Tetapi, tetap upah alumnus SMA di Jepang lumayan besar hingga jadi mimpi beberapa orang.

Lowongan pekerjaan di Jepang alumnus SMA akan isi beberapa posisi di industri seperti konstruksi, pertanian, pertokoan, perhotelan dan restaurant. Disamping itu, mereka akan ditempatkan kerja di usaha pemrosesan makanan dan pengapalan perikanan. Sudah pasti ini sebagai rintangan dan pengalaman yang memikat untuk seorang alumnus SMA.

Panduan Mendapatkan Tugas Di Jepang Untuk Alumnus SMK/SMA

Program Magang ke Jepang

Program magang adalah langkah kerja di Jepang alumnus SMA. Program ini sebetulnya lebih ke training/evaluasi tetapi beberapa orang yang keliru mendefinisikan karena peserta magang di Jepang mendapatkan upah bulanan seperti karyawan biasa.

Upah itu juga sebetulnya sebagai sokongan harus yang diberi perusahaan ke peserta magang. Besarnya sokongan bahkan juga jauh melewati upah rerata di Indonesia yakni sejumlah 15 – 20 juta rupiah /bulan.

Untuk menjadi peserta magang atau yang populer di Jepang disebutkan Kenshusei, pendaftar harus melalui beragam test dan training lebih dulu saat sebelum diberangkatkan ke Jepang.

Tokutei Ginou/Specified Skilled Worker (SSW)

Langkah kerja di Jepang alumnus SMA yang lain dengan jadi SSW, yakni tenaga kerja dengan keterampilan khusus yang paling diperlukan di Jepang.

Program ini masih termasuk baru karena visanya baru diterapkan di tahun 2019 lalu dan terdiri ke 14 bidang tugas. Berikut bidang yang dibuka untuk tenaga kerja Indonesia.

  • Keperawatan
  • Pengendalian pembersihan gedung
  • Industri elemen mesin dan perlengkapan
  • Manufacturing mesin industri
  • Industri kelistrikan, electronic dan info
  • Industri konstruksi
  • Industri pembikinan kapal dan mesin kapal
  • Pembaruan dan perawatan mobil
  • Industri penerbangan
  • Industri perhotelan
  • Pertanian
  • Perikanan dan budidaya perairan
  • Produksi minuman dan makanan
  • Industri service makanan

Bekerja di Perusahaan Jepang di Indonesia

Langkah kerja di Jepang alumnus SMA paling akhir dengan bekerja di perusahaan jepang yang domisili di Indonesia. Langkah ini memang lumayan susah dan prosesnya panjang untuk dapat sampai ke Jepang tetapi tetap memungkinkannya.

Mulai dengan usaha melamar ke banyak beberapa perusahaan punya Jepang dan tidak boleh terlampau visioner dengan pilih-milih status yang perlu sesuai kemauan.

Sesudah memperoleh status di perusahaan itu, bekerjalah segiat kemungkinan dan usahakanlah untuk memperoleh referensi dari eksekutif-eksekutif pada tempat kamu bekerja.

Dengan prestasi yang kamu toreh di perusahaan tempat kamu bekerja, bisa jadi kamu berkesempatan untuk dimutasikan ke sisi perusahaan yang berada di Jepang dan jadi sisi dari team di situ.

Peluang ini bisa jadi terjadi asal kamu terus usaha dan melakukan pekerjaan sebagus mungkin. Karena sebetulnya ke-2 nya harus dilaksanakan, apa saja lajur yang kamu tentukan supaya bisa kerja di Jepang untuk alumnus SMA.

Ringkasan

Lumayan gampang sebetulnya untuk anda yang cuman alumnus SMA/SMK untuk dapat mendapatkan tugas di Jepang, Tentu saja ini diimbangi dengan kemampuan dan persyaratan tugas di jepang.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *