oleh

Tips Maksimalkan Bisnis Fashion Di Masa Pandemi

ARTIKELPOST.ORG – Bisnis seperti UMKM menjadi salah satu bisnis yang paling banyak dipilih terutama untuk komunitas atau paguyuban yang ada di suatu tempat. Salah satu bisnis UMKM yang paling banyak dipilih adalah bisnis baju seperti batik. Bisnis Fashion memiliki prospek yang besar, bisnis di bidang ini cukup menjanjikan terutama jika pakaian tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Lantas di masa pandemi saat ini, bagaimana memaksimalkan bisnis UMKM fashion? Ada banyak cara untuk menjual hasil produksi dan salah satunya adalah dengan menggunakan marketplace.

Apa Itu Marketplace?

Banyak orang yang belum tahu apa itu marketplace. Kalau diibaratkan, marketplace adalah pasar jadi di satu tempat akan ada banyak penjual dan pembeli yang melakukan transaksi. Penjual yang ada di marketplace tersebut juga bisa menjual produk yang berbeda ataupun produk yang sama. Hal yang membedakan, biasanya adalah harga dan kualitas dari produk tersebut. Dengan adanya marketplace saat ini, banyak penjual termasuk UMKM fashion memasarkan produk secara online.

Bukti UMKM Fashion Butuh Marketplace

Penggunaan marketplace sebagai salah satu tempat untuk pemasaran produk memiliki manfaat tersendiri untuk para pelaku UMKM. Beberapa manfaat dan bukti bahwa marketplace tersebut penting untuk UMKM diantaranya adalah:

Mendapatkan Informasi dan Strategi

Setiap marketplace memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk penjualnya. Adanya S&K tersebut berfungsi untuk mengatur agar penjual dan pembeli tidak saling dirugikan. Pada suatu marketplace juga memiliki informasi terkait dengan cara penjualan yang baik agar produk tersebut dibeli oleh konsumen.

Informasi dan strategi yang Anda terima tersebut, biasanya berkaitan dengan marketplace tempat Anda menjual produk tersebut. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan informasi yang terkait dengan penjualan tersebut untuk diaplikasikan saat Anda berjualan misalnya lewat chatting.

Meminimalisir Penipuan

Marketplace menggunakan rekening bersama dimana nanti pembeli akan mentransfer uang sejumlah dengan yang ditagihkan ke Anda sebagai konsumen. Jikapun nanti produk belum sampai, maka uang yang Anda transfer tersebut akan tetap disimpan oleh pihak marketplace. Sedangkan jika produk sudah diterima, maka uang akan ditransferkan ke pihak penjual. Dengan cara tersebut, penipuan bisa diminimalisir.

Selain itu, marketplace memiliki peraturan terhadap penjual. Terdapat barang-barang tertentu dan cara penulisan yang harus sesuai dengan ketentuan marketplace. Jika tidak sesuai maka produk akan diblok sehingga tidak bisa dibeli konsumen. Dengan cara ini, hak konsumen untuk mendapatkan produk terbaik bisa terpenuhi dan penjual juga bisa menjual produknya yang terbaik.

Meningkatkan Omset

Dengan pengaturan dan strategi yang tepat, maka omset yang diperoleh UMKM fashion tersebut meningkat. Jika pendapatan tersebut meningkat, maka usaha yang Anda bangun tersebut bisa dikembangkan dan hasilnya Anda bisa membuka lapangan kerja lebih luas lagi.

Produk Semakin Dikenal Oleh Pangsa Pasar Yang Luas

Dengan adanya posting produk yang ada di marketplace sedangkan banyak orang yang  mengunjungi marketplace tersebut, maka produk yang Anda miliki akan semakin sering dilihat. Jika hal tersebut terjadi beberapa kali, maka pengunjung marketplace tersebut dapat akan hafal dengan produk Anda. Hasilnya akan semakin banyak orang yang tahu dan resiko penjualan akan bertambah juga semakin tinggi.

Memperoleh Promosi Gratis

Marketplace menyediakan promo yang tidak hanya dapat dinikmati oleh pembeli namun juga untuk penjual. Salah satunya adalah dengan adanya free ongkir. Dengan adanya free ongkir tersebut, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya kirim produk. Sehingga biaya tersebut bisa dialokasikan untuk keperluan yang lainnya.

Tahu Harga Pasar

Anda akan dapat mengetahui harga pasaran dari produk yang Anda jual. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan apakah akan menaikkan, menurunkan atau tetap menggunakan harga tersebut untuk memancing pembeli agar membeli produk Anda.

Kekurangan Marketplace

Sayangnya, marketplace juga memiliki kekurangan dan hal ini harus Anda ketahui terlebih dahulu agar Anda tidak merasa dirugikan. Beberapa kekurangan dari marketplace yaitu:

Persaingan Yang Terbuka Antar Penjualnya

Anda harus pintar-pintar mengatur strategi agar nantinya produk yang Anda jual tersebut dapat menarik hati konsumen. Hindari untuk menetapkan harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah karena akan kesulitan untuk mendapatkan pembeli.

Iklan Penjual Lain Yang Kerap Masuk Ke Akun Anda.

Marketplace menyediakan fasilitas untuk beriklan sehingga akan banyak pengguna marketplace tersebut yang tahu produk Anda. Sayangnya, iklan dari toko lain juga akan masuk ke tempat Anda sehingga hal tersebut akan sangat mengganggu

Keberlangsungan Website Yang Tidak Terjamin

Karena Anda ‘menumpang’ berjualan di website lain, maka Anda tidak tahu kapan website tersebut mengalami down bahkan bangkrut. Karena hal tersebut Anda tidak tahu marketplace tersebut akan ada sampai kapan.

Itulah alasannya mengapa marketplace saat ini memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi seperi UMKM. Karena hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan marketplace untuk jangkauan pangsa pasar yang lebih luas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Bacaan Lainnya